Pemrograman Keypad To LCD menggunakan Code Vision AVR

Pertama - tama kita membuat interfacing keypad ke mikrokontroler, yang mana hasil penekanan tombol keypad (input) dikeluarkan ke LCD (output).
LCD dihubungkan ke PORTC sedangkan rangkaian keypad dihubungkan ke PORTD.  Setelah itu buat project baru dengan Code Vision.
1. Setting  chip dan clock dari ATMega yang digunakan.
2. Setting Port untuk LCD dan Keypad seperti gambar berikut



3. Generate file , save and exit
simpan program tersebut dengan nama yang sama, misalnya keyped2.c, keypad2.prj dan keypad2.cwp
Selanjutnya, tambahkan listing program ini  pada program anda, dan compile programnya. Jika tidak ada error, anda dapat mengupload program tersebut ke mikrokontroler ATMega8535.

Mengenal instuksi LCD pada Code Vision AVR

unsigned char lcd_init(unsigned char lcd_columns);  //yang berfungsi untuk menginisialisasi LCD.
contoh : lcd_init(16);  //angka di dalam kurung (16) sesuai dengan type LCD.

unsigned char lcd_read_byte(unsigned char addr); //berfungsi membaca karakter RAM LCD
contoh : data = lcd_read_byte(0x10);

void lcd_clear(void); //untuk menghapus tampilan LCD dan menempatkan kursor pada baris 0 kolom 0
contoh : lcd_clear();

void lcd_gotoxy(unsigned char x,unsigned char y); //untuk menempatkan kursor pada kolom x baris y
cotoh : lcd_gotoxy(0,1);

void lcd_putchar(char c); //untuk menampilakn karakter
contoh : lcd_putchar(0x41); //menampilkan karakter A

void lcd_putsf(char flash *str); //untuk menampilkan string
contoh : lcd_putsf("Baharudin"); // menampilkan string Baharudin

void lcd_puts(char *str); // menampilkan string yang ada di SRAM. Jadi sebelum menggunakan fungsi ini string harus sudah ada di SRAM
                //instruksi ini memerlukan pustaka stdio.h
contoh :
char buf[33];
lcd_init(16);
lcd_gotoxy(0,0);       
lcd_putsf("Menampilkan");   
lcd_gotoxy(0,1);       
sprintf(buf,"Angka %x",14);    //menyimpan string Angka 0x14 (E) bke SRAM
lcd_puts(buf);        //menampilkan ke LCD

Contoh untuk menampilakan karakter khusus, gunakan instruksi berikut :
sprintf(buf, "Angka %d \xf4",50); // menyimpan ke memory LCD dan ditampilakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar